Pembentukan dan Pelatihan Satuan Linmas Pengamanan Pemilu 2019

Satuan Polisi Pamong Praja dan pemadam kebakaran

Pembentukan dan Pelatihan Satuan Linmas Pengamanan Pemilu 2019

Solok, – Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Solok mengadakan acara pembentukan dan pelatihan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Pengamanan Pemilu Kota Solok  di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Rabu (13/3/2019). Acara tersebut dibuka Staf Ahli Walikota Bidang Hukum dan Pemerintahan, Ir. Alkaf, serta mendatangkan narasumber dari KPU, Panwaslu dan Polres Solok Kota.

Kasatpol PP dan Damkar Kota Solok, Ori Affilo dalam laporannya menyampaikan Satlinmas merupakan organisasi yang dibentuk Pemerintah beranggotakan masyarakat, disiapkan dan dibekali keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil terjadinya bencana serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban kemasyarakatan.

“Peranan Satlinmas sangatlah penting sebagai garda terdepan yang memiliki kedekatan langsung dengan masyarakat, sesuai dengan motto Satlinmas 2CT 1CL (Cepat Tanggap, Cepat Tindak dan Cepat Lapor),” ujar ori.

Pada tahun 2019 ini, sama diketahui bahwa kita akan melakukan Pesta Demokrasi yaitu Pemilu serentak, Pelaksanaan Pemilu adalah momentum penting untuk menjamin keberlangsungan pemerintahan dan pembangunan di Kota Solok masa akan datang, maka dari itu, peran Satlinmas dalam menjaga ketertiban dan kelancaran menjadi kebutuhan mutlak yang tak bisa ditawar lagi demi terwujudnya Pemilu yang aman dan bersih,” tambahnya.

Dikatakan, Pelaksanaan keamanan Pemilu tidak akan berjalan lancar jika tidak ada arahan dan binaan dari Kepolisian, Sat Pol PP Kota solok yang menjadi jalur komando bagi Satlinmas yang ada.

Ori berharap seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memahami tugas dan fungsi Satlinmas tersebut.

“Kami berpesan peserta dapat melaksanakan tugas dan fungsi Linmas melalui pemantapan organisasi dan peningkatan kemampuan serta keterampilan secara profesional, meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait, tingkatkan kesiapan dalam membantu keamanan Pemilu serentak yang akan berlangsung tanggal 17 April 2019 serta pelihara citra serta penampilan yang baik sebagai Satlinmas,” tutup ori.

Sejalan dengan itu, Kabid Linmas Dedi agung Pratama, S.STP menambahkan tujuan dari kegiatan pembentukan pelatihan Satlinmas guna untuk memberikan pemahaman teknik tentang penanganan ketentraman dan ketertiban penyelenggaraan Pemilu tahun 2019, serta menciptakan anggota Satlinmas yang mampu melakukan pengamatan terhadap gejolak masyarakat pada Pemilu tersebut.

Pelatihan Satlinmas dilaksanakan selama tiga hari (13,14 Maret 2019 dan tanggal 8 April 2019) dengan beranggotakan sebanyak 412 orang peserta. Seluruh anggota tersebut merupakan anggota Satlinmas dari semua kelurahan yang ada di kota Solok. (sg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *